Tim FKTP Kemenkes RI Nilai Puskesmas Rawat Inap Rejo Katon Raman Utara

0
78


Lampung Timur, Galaksinews.com – Tim Surveyor Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan penilaian di Puskesmas Rawat Inap Desa Rejo Katon, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (26/09/18).

Adapun Kedatangan Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI yang terdiri dari Surveior Admen, Evi Syafrida, Surveior UKM, M.Akip Murod, serta Surveior UKD, Kartini ini akan menilai di Puskesmas Rawat Inap Desa Rejo Katon berdasarkan standar yang telah ditentukan.
Untuk diketahui Puskesmas Rejokaton membawahi 5 Desa di Raman Utara dengan jumlah penduduk 15.335 jiwa. Puskesmas Rawat inap Rejokaton saat ini memiliki 2 orang dokter umum, 13 Perawat dan 17 Bidan. Selain itu juga terdapat 1 Puskesmas Pembantu dan 5 bidan desa, pelayanan praktek swasta dan mandiri.

Selaku Ketua Tim Surveior Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI, M. Akib Murod menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan akreditasi puskesmas ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas pasal 39 ayat 1 dimana akreditasi dilakukan minimal 3 tahun sekali. Lebih lanjut Akib menambahkan akreditasi pelayanan kesehatan terdiri dari pelayanan tingkat Dasar, Madya, Utama dan Lanjutan.

Masih ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Rawat Inap Rejo Katon, Sri Umiyani menyampaikan bahwa Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Puskesmas menjadi tolak ukur standar pelayanan dan sistem yang baik dalam pelayanan.

Sementara itu, menanggapi kedatangan Tim Surveior Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari berharap bisa mendapatkan hasil yang baik nantinya.
“Tadi jadwal survey dari kementrian kesehatan dari komisi akreditasi. di Lampung Timur ini ada beberapa puskesmas dan hari ini kita melihat di Desa Rejo Katon ini salah satu puskesmas di Lampung timur yang dilakukan verifikasi surveior dari kementrian kesehatan, nanti kita tinggal menunggu hasilnya dan insyallah mudah-mudahan salah satu puskesmas yang saat ini sedang dilakukan survey bisa mendapatkan yang paripurna”.

‘Pemerintah daerah akan memperhatikan dengan sungguh-sungguh apapun kekurangan di puskesmas masing-masing, kami sebagai Pemerintah Daerah akan selalu mendukung pungkas Nya.(Tarmizi)

LEAVE A REPLY