Bangun Pemuda Satukan Indonesia’ Tema Sumpah Pemuda ke-90

0
35

Galaksinews.com, Tulang Bawang – Bupati Tulangbawang pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 di Halaman Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Senin (29/10/18).

Bupati Tuba Hj Winarti bacakan amanat pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang disampaikan Pangeran Suri Winarti Bupati Tulangbawang, menuturkan bahwa peringatan sumpah pemuda merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

Dimana kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri.

Maka pada hari sumpah pemuda ke-90, kali ini mengusung tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan.

“Revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo, sangat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju agar bangsa ini kian hebat,” terang Winarti.

“Selain itu, perlu diingat bahwa tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk. I dan DPRD Tk. II. dan ini juga merupakan tanggungjawab pemuda agar Pemilu 2019 terwujud pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas,” paparnya.

Selain itu dirinya berharap para pemuda dapat selalu mempertahankan tanah air, bangsa serta negara dengan terus menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia, kata Bunda Winarti.

Upacara itu diikuti sejumlah anggota Forkopimda Kabupaten Tulangbawang, Sekda Ir. Anthoni MM, para Pejabat dilingkup Pemkab Tulangbawang dan para anggota TNI/Polri berikut sejumlah Ormas serta OKP diantaranya Banser, Pemuda Muhammadiyah, Purna Paskibraka, Pemuda Pancasila, Dewan Guru dan anggota Pramuka sebagai regu paduan suara dan para pelajar lainnya. (Red)

LEAVE A REPLY