Hi Mujikan : Semangat Kebersamaan dan Pemberdayaan Kunci Kesuksesan Pembangunan Desa

0
108

Galaksinews.com, Raman Utara – Program pemerintah dalam Pemerataan pembangunan melalui Alokasi dana desa ( DD ) Tahun 2018 telah terealisasi di salah satu desa, yakni Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur dari total anggaran pagunya sebesar Rp.732.839.000, telah terealisasi 100 Persen.

Kepala Desa Raman Endra, Hi. Mujikan di dampingi sekretaris desa Sunarto, Ketua TPK Rohmat Setiawan Spd,I Saat ditemui Wartawan Unit Polri Senin, (07/01/2019).

Menuturkan dengan semangat kebersamaan dan Pemberdayaan adalah kunci kesuksesan desa, pelaksanaan dana desa tahap pertama dan kedua sudah mulai dilaksanakan, yaitu untuk pembangunan fisik sudah mulai terealisasi, dan pembangunan infrastruktur ini sangat dirasakan manfaat nya, serta pelaksanaannya bekerjasama dengan semua perangkat desa dan masyarakat setempat.

Kami pihak desa sudah realisasikan pembangunan jembatan, 5 m × 6 m × 2 m di dusun 03 dengan alokasi anggaran pagunya sebesar Rp 57.000.000.

Pembangunan Balai Desa dengan luas 16mx 14 meter dengan anggaran pagunya sebesar Rp.298.030.000.
Onderlagh sepanjang 1000 M terletak di Dusun l dan ll, draenase sepanjang 150 Meter terletak di dusun 2.

Mujikan menjelaskan untuk DD anggaran tahun 2018 ini, sepenuhnya digunakan untuk pembangun di antara nya, Balai Desa, jembatan, draenase, onderlakh dan Pemberdayaan.

Tentunya pembangunan ini sangat bermanfaat bagi masarakat Raman Endra khususnya dan untuk perencanaan perapian pelataran pembangunan Balai Desa, kami akan swadayakan” ucap Mujikan.

Dengan mensukseskan program pemerintah melalui dana desa sekretaris desa Sunarto menambahkan memang harus ada pemberdayaan masarakat desa itu sendiri, karena membangun desa tanpa dukungan masyarakat tidak akan berjalan dengan baik.

” Kami pihak desa dalam pembangunan infrastruktur Ini, kami selalu libatkan semua perangkat desa sampai di tingkat Rt, serta masyarakat kami dalam pengerjaan nya, untuk tukang nya Ya dari desa kami sendiri, tentu kualitas akan baik karena dia akan merasa memiliki bangunan itu, serta kami berharap desa kami akan lebih maju dan sejahtera di segala bidang pungkas Nya.(Wayan)

LEAVE A REPLY