AMCI Gelar Diskusi Publik Guna Dukung Pemilu Yang Bermartabat

0
59

Galaksinews.com, METRO – Guna berpartisipasi dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai, dan Bermartabat, Association Motor Community Indonesia (AMCI) Metro Chapter menggelar diskusi publik yang berlangsung di aula lantai 3 gedung Pustakarda Kota Metro, Senin (25/2/2019).

Diskusi yang menghadirkan Komisioner KPU, Bawaslu dan Kesbangpol Kota Metro tersebut sedikitnya di ikuti 50 peserta anggota komunitas bermotor yang ada di Bumi Sai Wawai.

Ketua Pelaksana Kegiatan Arby Pratama mengatakan, Diskusi Publik tersebut merupakan gagasan pengurus AMCI Metro yang ditopang dengan anggaran swadaya para anggota.

“Saya melaporkan bahwa terselenggaranya kegiatan ini ditopang oleh anggaran kas AMCI Metro yang didapat dari iuran para anggota. Kegiatan ini kita gelar agar teman-teman komunitas motor khususnya yang tergabung dalam AMCI mendapatkan pencerahan dan wawasan baru terkait batasan, proses hingga pasca pemilu,” ucapnya saat di wawancara awak media.

Dalam diskusi yang bertema Peran Masyarakat Kota Metro Dalam Mendukung Pilpres 2019 Yang Adil, Damai Dan Bermartabat Guna Membangun Karakter Bangsa tersebut diharapkan mampu mempererat tali persaudaraan khususnya dikalangan komunitas bermotor.

“Untuk itu kita sebagai komunitas motor yang juga merupakan warga negara yang baik, harus turut serta mewujudkan itu. Sama seperti Slogan AMCI yang Beda Tapi Satu. Walau kita tak sedarah tapi kita lebih dari saudara, dengan beragam latar belakang, watak, bahkan kecintaan terhadap kendaraan, namun kita berasal dalam satu rahim yang sama, yaitu hobi. Dari hobi ini kita satukan presepsi untuk mewujudkan broherhood yang harmonis,” ujarnya.

Ketua Umum AMCI Pusat itu menilai, selain sebagai pelopor keselamatan berkendara dan pariwisata AMCI dan Komunitas motor lainnya juga memiliki peran penting dalam menjaga kondusifitas jelang dan sesudah pemilu.

“Dan menjelang pemilu serentak 2019 ini, saya mengajak teman-teman komunitas motor untuk bersama kita bersinergi dengan penyelenggaraan pemilu, pemerintah dan aparat terkait untuk menjaga kondusifitas khususnya di Kota Metro agar tercipta pemilu yang aman, damai, dan bermartabat. Karena kita semua memiliki peran yang sama dalam mewujudkan Pemilu aman dan bermartabat. Dan saya berharap kita tidak terkotak-kotak karena berbeda pilihan, pada dasarnya berbeda itu indah, yang tidak indah adalah perpecahan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam diskusi tersebut sejumlah narasumber memaparkan materi mulai dari cara memilih hingga bentuk pelanggaran pemilih. Komisioner KPU Kota Metro Agus Riyanto yang bertindak sebagai narasumber menjelaskan proses memilih Capres.

“Untuk capres boleh mencoblos di foto capres, nomor, atau partai pendukungnya. 5 menit kita di dalam TPS sangat berpengaruh terhadap nasib bangsa kita 5 tahun kedepan. Ini perjuangan kita demi mendapatkan sosok pemimpin terbaik. Serta menentukan nasib bangsa kedepan. KPU pun telah meluncurkan aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang dapat diunduh di playstore yang bisa digunakan untuk mengecek seseorang sudah terdaftar di DPT atau belum,” ujarnya.

Jika ada warga Metro yang ada di luar daerah bisa mengajukan form A5 pindah milih yang paling lambat diurus pada 18 Maret 2019. Tetapi hanya mendapatkan surat suara Pemilihan Presiden saja.

“Terakhir saya pesankan agar seluruh anggota AMCI jangan sampai golput, golput bukan sulosi, gunakan hak pilihnya secara cerdas demi masa depan bangsa yang lebih baik,” katanya.

Selain itu, Giyono Bawaslu Kota Metro menerangkan, bahwa salah satu tugas Bawaslu adalah mengawasi semua tahapan pemilu. Bawaslu memohon peran serta seluruh anggota AMCI dapat terlibat langsung dalam proses menyampaikan informasi agar Pemilu serentak 2019 dapat berjalan dengan baik. Karena jika proses awalnya berjalan baik, maka hasil akhirnya juga baik.

“Tiga orang anggota Bawaslu tidak akan bisa memantau semua pergerakan dan pelanggaran Pemilu. Karena itu kami harap teman-teman AMCI bisa turut membantu mengawasi. Tempat yang dilarang kampanye adalah tempat ibadah, rumah sakit, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan. Empat tempat tersebut juga tidak boleh menjadi tempat pemasangan APK,” terangnya.

Sementara Perwakilan Kesbangpol Kota Metro Ketut Partito menerangkan, jika golput teman-teman AMCI akan merugi. Karena Pemilu tidak akan dibatalkan jika persentase golput tinggi.

“Harapan saya gunakan hak pilih dengan benar. Pilih pemimpin yang terbaik. Siapapun yang terpilih, mari kita hormati, karena yang terpilih adalah kehendak masyarakat Indonesia. Hindari perpecahan akibat sara,” tandasnya. (Rls/Red)

LEAVE A REPLY