Disdukcapil Lamtim Targetkan 80 Ribu KIA Terbit di Tahun 2019

0
32

Galaksinews.com, SUKADANA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Timur, menargetkan akan menertbitkan 80 ribu Kartu Indentitas Anak (KIA) di Tahun 2019 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran dan Administrasi Penduduk, Disdukcapil Lampung Timur, Indra Ghandi mengatakan, bahwa pihaknya akan menerbitkan 80 ribu KIA di tahun 2019 ini.

“Untuk Lampung Timur, sementara target di tahun 2019 sebanyak 80 ribu anak yang akan diterbitkan KIA, Rencana akan mulai dilaksanakan pada awal bulan Juni 2019.

Saat ini masih persiapan pendataan anak-anak yang akan diberikan KIA,” ujar Indra Ghandi saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at, 17 Mei 2019. Indra Ghandi, bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk membantu mendata anak sekolah maupun anak usia dini.

“Sementara untuk persyaratan pembuatan KIA diantaranya, fotocopy KTP kedua orang tua, fotocopy KK orang tua, dan fotocopy akte kelahiran. Khusus untuk anak di bawah 5 tahun, tidak usah melampirkan foto, tapi untuk anak yang di atas 5-16 tahun, melampirkan foto berwarna ukuran 3×4, selanjutnya melampirkan fotocopy akte kelahiran,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa perbedaan KTP dan KIA yaitu, kalau KTP harus dilakukan perekaman terlebih dahulu, tetapi kalau KIA hanya cukup melampirkan persyaratan-persyaratan yang telah disampaikan diatas, tidak perlu melakukan perekaman.

“KIA ini diberikan kepada anak yang berumur 0-5 tahun 5-16 tahun. Fungsinya untuk memberikan kepastian status anak tersebut. Artinya, anak tersebut, misalnya dia kesasar, dia kan dapat menunjukan siapa dirinya dengan menunjukan KIA, jelasnya.

KIA juga dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank, dan bisa digunakan ketika dia berobat, atau untuk persyaratan-persyaratan lain, seperti mau masuk sekolah, pungkasnya.(Tarmizi)

LEAVE A REPLY